Wisuda Pelepasan Tasyakuran Generasi Terpilih

“Wisuda Terpilih”

“Wisuda Terpilih” adalah tema acara wisuda pelepasana tasyakuran SMAN 70 Jakarta pada tahun ini. tema ini dipilih karena siswa-siswa kelas XII tahun ini adalah siswa-siswa kuat yang terpilih untuk menjalani ujian di tengah pandemi Covid-19 dan mereka terbukti mampu melewati itu semua dengan hasil terbaik. Dimulai dengan Ujian Sekolah secara daring, ditiadakannya UN hingga pelaksanaan wisuda yang juga secara daring. Mereka bahkan juga harus mempersiapkan diri secara mandiri untuk ujian masuk PTN.

Acara wisuda pelepasan tasyakuran Kelas XII dihelat pada hari Sabtu, 20 Juni 2020 pada pukul 08.00 pagi. Kegiatan ini dilakukan secara daring dengan menggunakan Zoom Meeting dan juga disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube SMAN70 Jakarta. Para peserta didik yang didampingi orang tua tampak sangat antusias mengikuti kegiatan ini dengan khidmat sejak awal hingga akhir acara. Mereka dan orang tua tampak cantik-cantik dan tampan menawan berdandan maksimal mengenakan kebaya dan jas walaupun mengikuti acara ini dari rumah masing-masing.  Di sekolah pun, dimana acara dipusatkan di ruang audiovisual yang diubah menjadi studio sementara, Kepala SMAN 70 beserta para wakil tampak serasi menggunakan kebaya nuansa merah dan para wali kelas  dengan menggunakan kebaya dan batik nuansa pink muda.

Acara wisuda ini dipandu oleh MC Bapak Adi Permana dan adinda Khalisa Porizka. Bapak Adi Permana adalah guru Ekonomi SMAN 70 Jakarta dan adinda Khalisa Porizka adalah alumni SMAN 70 yang lulus pada tahun 2013. Duet MC beda generasi ini tampil kompak dan benar-benar menghidupkan suasana.

Acara yang dimulai pada pukul 08.00 ini tetap mematuhi protokol kesehatan. Para pengisi acara pun melakukan rekaman di rumah mereka masing-masing. Acara ini dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh kelompok paduan suara, dilanjutkan dengan tarian daerah oleh ekskul Trads, yang kembali direkam secara pribadi.

Lalu acara dilanjutkan dengan menyanyikan mars 70 oleh kelompok paduan suara. Persembahan Mars 70 kali ini terasa istimewa karena dilakukan secara kolaborasi antara Paduan Suara 70 dengan Reza Artamevia, yang juga merupakan alumni SMAN 70 Jakarta. Benar-benar sebuah kolaborasi yang mengundang decak kagum dari para peserta acara wisuda…. pecah. Anda dapat menyaksikan videonya di bawah ini.

Acara dilanjutkan dengan laporan dari Ketua Panitia dan disambung dengan sambutan-sambutan, antara lain sambutan dari Kepala SMAN 70 Jakarta, sambutan Ketua Komite SMAN 70 Jakarta. Dari tingkat instansi pemerintah yang berkenan memberikan sambutan antara lain Kepala Suku Dinas Pendidikan Wilayah II Kota Administrasi Jakarta Selatan dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta. Dan yang teramat spesial adalah kesediaan Gubernur DKI Jakarta, Bapak Anies Rasyid Baswedan, S.E., M.P.P., Ph.D.  untuk memberikan ucapan selamat kepada Kelas XII SMAN 70 Jakarta. Sungguh sebuah momen langka nan bersejarah bagi peserta didik SMAN 70 Jakarta.

Acara semakin spesial ketika Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Indoneisa, Prof Dr rer nat Rosari Saleh menjadi Keynote Speaker dalam acara wisuda ini.

Untuk prosesi pengalungan medali dan pemberian ijazah juga dilakukan secara virtual kepada masing-masing perwakilan setiap kelas oleh Kepala Sekolah dan wali Kelas. Sementara untuk siswa yang lain, pengalungan medali dan penyerahan ijazah dilakukan oleh orang tua masing-masing. Suasana haru sangat terasa. Tak terasa banyak peserta didik dan orang tua tampak menitikkan air mata ketika prosesi pengalungan medali dan penyerahan ijazah ini. Setelah itu prosesi dilajutkan dengan sesi foto bersama peserta didik bersama orang tua dan peserta didik dengan Kepala Sekolah dan Wali Kelas. Lagi-lagi ini dilakukan dengan menggunakan bantuan Zoom Meeting.

Tidak ketinggalan pula orang tua melalui WOTK, dewan guru dan perwakilan OSIS/MPK memberikan ucapan selamat kepada peserta didik kelas XII. Acara juga diisi dengan hiburan-hiburan berupa penampilan  Unnamed Band yang mempunyai personil siswa kelas XII. Dilanjutkan dengan pesan-pesan para Alumni yang telah sukses untuk memberikan semangat kepada para alumnus muda ini untuk tetap kuat, semangat dan tegar dalam menghadapi lembaran baru.

Tidak terasa hampir 3 jam lamanya acara wisuda pelepasan tasyakuran peserta didik Kelas XII ini berlangsung. Walaupun ditengah keterbatasan kontak sosial dan tetap mengedepankan protokol kesehatan dan physical distancing, dengan mengucap syukur kepada Tuhan YME, acara ini dapat berlangsung dengan lancar.

Ucapan terima kasih kami sampaikan sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang telah membantu sehingga acara ini dapat berlangusng dengan lancar.

Selamat kepada seluruh alumnus termuda SMAN 70, angkatan 7020. Kami menunggu berita sukses kalian di kemudian hari. Salam Prestasi.

2020-06-23T03:10:50+00:00June 22nd, 2020|Berita, Kesiswaan, Kurikulum|
X