Selamat!!!! Alia Fatika berhasil menjadi Juara 3 FLS2N Tingkat Nasional

Prestasi yang membanggakan bagi seluruh civitas akademika SMAN 70.

Alia Fatika, siswi kelas X IPS 1 telah berhasil menorehkan prestasi yang mengagumkan di tahun pertamanya menuntut ilmu di SMAN 70. Alia Fatika berhasil menjadi Juara 3 FLS2N Tingkat Nasional Bidang Lomba Tari Kreasi Daerah Tunggal. Prestasi ini tentu saja telah membuat bangga keluarga besar SMAN 70 Jakarta dan semakin mengharumkan nama SMAN 70 di kancah nasional.

Pada perhelatan FLS2N Tingkat Provinsi DKI Jakarta tahun 2020 yang digelar secara online pada tanggal 17 Agustus sampai dengan 20 September 2020, Alia berhasil meraih nilai tertinggi dan menjadi juara 1 FLS2N Tingkat DKI Jakarta Bidang Lomba Tari Kreasi Daerah Tunggal. Raihan ini secara otomatis membuat Alia berhasil meraih tiket maju ke ajang FLS2N Tingkat Nasional Bidang Lomba Tari Kreasi Daerah Tunggal mewakili Provinsi DKI Jakarta.

Penjurian FLS2N tingkat Nasional diadakan mulai tanggal 28 September. Praktis ia hanya mempunyai waktu seminggu untuk mempersiapkan diri dan membuat rekaman video tari untuk tingkat nasional. Waktu persiapan yang sebentar memang menjadi hambatan, namun ia berhasil tampil maksimal dan meraih Juara 3 Bidang Lomba Tari Kreasi Daerah Tunggal.

Ternyata prestasi ini bukanlah datang dengan tiba-tiba. Alia telah berlatih menari sejak kecil dan banyak sekali prestasi yang telah ia torehkan sebelumnya. Mau kenal lebih dekat dengan Alia? Yuk kita simak wawancara dengan Alia berikut ini…

Biodata :
Nama Lengkap: Alia Fatika Santosa
Tempat Tanggal lahir: Jakarta, 19 Maret 2005

Hobi:
Membaca, Menulis, Menggambar, Menari.

Sejak kapan Alia menari?

Umur 6 tahun. Sehari setelah ulang tahun ke 6 didaftarin ke les ballet.
Mulai serius nari ballet umur 11 tahun.
Mulai belajar tari betawi pas kelas 7 – ikut ekskul tari tradisional.

Prestasi apa yg pernah ditorehkan sebelumnya di bidang menari?

Juara 2 – Tari Kreasi – FLS2N – Tingkat Provinsi DKI Jakarta – 2019

Juara 2 – Tari Nusantara – Lomba Dinas Pariwisata – Tingkat Provinsi DKI Jakarta – 2019

Juara Harapan 1 – Tari Nusantara – Lomba Dinas Pariwisata – Tingkat Provinsi DKI Jakarta – 2018

Juara 1 – Tari – Lomba Dinas Pemuda Olahraga – Tingkat Kota Jakarta Selatan – 2018

Finalis – Ballet Solo Junior B – Dance Prix Indonesia 2019

Finalis – Ballet Solo Junior B – NadWoRC 2018

Bagaimana perasaan setelah berhasil menjadi juara 3 FLS2N tingkat Nasional?

Senang banged
dan ga nyangka bisa juara FLS2N di kelas 10.

Siapa saja yang telah membantu Alia dalam persiapan lomba FLS2N?

Mama aku, dan Kak Yovan – pelatih aku dan partnernya kak Febri, Bu Zaitun – guru pembina Trads, Pak Haris walas IPS 1, dan kakak-kakak kelas dari ekskul Expose SMAN 70. Kakak-kakak Expose itu yang membantu aku ketika shooting untuk video ke provinsi dan nasional.

Adakah hambatan atau kendala yang dihadapi saat persiapan maupun saat perekaman video?

saat persiapan:
waktu lagu tarian aku belum kelar dan props aku belum sempurna padahal tinggal beberapa hari lagi.

saat perekaman video:
waktu awal shooting video untuk provinsi kami hanya memanfaatkan kamera dslr saja yang susah sekali untuk dapat focus saat zoom in zoom out. Namun akhirnya pas di saat shooting untuk video nasional, sekolah baru saja dapat sumbangan kamera video profesional, jadilah rekaman hari itu bisa men zoom in dan zoom out dengan stabil dan fokus jadi muka aku ga ke blur.

terus pas shooting video provinsi, di sebelah lagi ada yang renovasi. jadi setiap kali mau ngerekam, mama aku sampai harus komunikasi ke mandor di sebelah supaya mereka berhenti dulu😄

untungnya pas shooting video nasional, musik nya boleh di playback.

Adakah target yg ingin dicapai selanjutnya?

aku jadi lebih tertarik untuk belajar semua jenis tarian nusantara. Saat ini di Trads aku daftar di Tari Piring, juga dari para alumni FLS2N 2020 tari kreasi saling tukar menukar info tentang musik dan gerakan gerakan tari khas daerah masing masing. Saat ini kami sedang menggarap video tari dengan tema “Seni Tari Menyatukan Kita”.
Aku juga masih tetap berlatih ballet 4 kali seminggu via zoom sejak pandemi ini dan nantinya masih penasaran juga untuk menjadi juara di lomba2 ballet karena pesaing2nya adalah yang memang berdedikasi tinggi untuk dunia ballet.

Aku juga berusaha keras agar nilai nilai akademik ku tidak turun meskipun banyak kegiatan.

Selamat ya Alia Fatika, kami menantikan prestasi-prestasi mu di masa yang akan datang.😊

2020-10-30T03:28:35+00:00October 20th, 2020|Berita, Kesiswaan|
X